• Breaking News

    Wagub Minta Dukungan Leonardy Harmainy Terkait DAK

    Padang - Wakil Gubernur Nasrul Abit meminta dukungan dari Anggota DPD RI untuk membantu peningkatan DAK Sumbar. Menurutnya APBD Sumbar saat ini disusun secara maksimal untuk berbagai program dan kegiatan pembangunan daerah, baik fisik maupun non fisik. 

    Nasrul Abit mengungkapkan Pemprov Sumbar tinggal berharap pada dukungan DAK bagi kelancaran pembangunan. "Kita berharap dengan pertemuan pada hari ini dengan Anggota DPD yang jadi wakil kita di pusat bisa memberikan dorongan untuk peningkatan besaran DAK Sumbar," ungkapnya dalam rapat membahas optimalisasi DAK bersama Anggota Komite IV DPD RI H. Leonardy Harmainy, Asisten I Setdaprov Nasir Ahmad dan Kepala OPD penerima DAK beserta jajarannya, Rabu (27/12).

    Dijelaskannya DAK Sumbar 2017 besarnya Rp1,764 triliun. Terbagi dua, fisik sebesar Rp221 miliar dan non fisik Rp1,5 triliun.

    Realisasi DAK fisik terbesar untuk bidang kesehatan (rumah sakit rujukan) 93,38 persen. Bidang jalan (pendukung konektivitas) 73,1 persen. 

    DAK Reguler berkisar antara 73-84 persen. Tertinggi untuk bidang kelautan dan perikanan. Sementara DAK non fisik pencapaiannya bisa mencapai 99,09 persen. Kini DAK itu pun dikurangi pada 2018 ini. Brlum lagi alokasi gaji yang dulunya 21 persen naik jadi 42 persen lebih. Ini akibat kewenangan SMA/SMK yang berpindah ke provinsi.

    Nasrul Abit sangat berharap jika Anggota DPD RI dan Anggota DPR RI mendesak pemerintah pusat untuk memperhatikan skala prioritas alokasi DAK.  Bidang-bidang yang bersentuhan dengan kebutuhan dasar lebih didukung lagi. (z01)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2