• Breaking News

    Masyarakat Sinyamu Selenggarakan Bakaua Adat


    SIJUNJUNG, (Sumbarkini.com) - Masyarakat Nagari Sinyamu, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung menggelar acara Bakaua  Adat di lokasi perkaulan adat Jati, Jorong Koto Sinyamu, Senin 9 Desember 2019.

    Kegiatan Bakaua Adat ini dihadiri langsung Bupati H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo didampingi Kadis Pertanian, Ir. Ronaldi dan Camat Tanjung Gadang, serta hadir Wali Nagari Sinyamu, Wali Nagari Timbulun, Ketua KAN Sinyamu Timbulun,  Ninik Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang, Tokoh Masyarakat, Pemuda,  Perangkat nagari serta masyarakat Sinyamu.

    Salah seorang tokoh masyarakat Dai Asmadi yang merupakan mantan wali nagari sinyamu,  mengatakan bakaua adat adalah tradisi di Nagari Sinyamu dari nenek moyang dahulu yang berkelanjutan sampai saat sekarang.

    Kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan rasa syukur masyarakat kepada Allah SWT atas hasil panen padi yang diperoleh, baik panen tahun lalu maupun untuk turun ke sawah ditahun ini.

    Pada kesempatan itu, Bupati H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo mengatakan berkaul adat merupakan acara sakral, "bumi sanang padi manjadi, dalam nagari sauku sakato, "terhindar dari bencana alam yang menimpa nagari, masyarakat senang sehat sentosa, berkumpul bersama disini dengan berdo'a agar semua itu terwujud, ucap Bupati

    Selain itu, ia mengharapkan kepada para ninik mamak dan tokoh masyarakat agar bersama sama untuk menjaga budaya berkaul ini.

    "Mari kita bersama sama menjaga serta melestarikan budaya yang ada, terutama berkaul adat, khusus bagi generasi muda untuk ikut serta dalam mengembangkannya," imbau bupati

    Selain itu, kegiatan bakaua adat juga  sebagai media informasi atau sarana penyampaian pesan dari ninik mamak tokoh masyarakat dan pemerintahan nagari, ujar Bupati Yuswir Arifin. (Darwen/Dodon).

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2