• Breaking News

    Bappeda Kabupaten Sijunjung Gelar Sosialisasi Inovasi Daerah Tahun 2019

    SIJUNJUNG, (sumbarkini.com) - Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapppeda) Kabupaten Sijunjung gelar Sosialisasi Inovasi Daerah Tahun 2019 di Balairung Lansek Manih, Muaro Sijunjung, Senin 11 November 2019.

    Kegiatan ini dibuka Bupati Sijunjung, Drs. H.Yuswir Arifin, MM dan diikuti sebanyak 75 orang peserta terdiri dari Kepala OPD beserta Kasubag Perencanaan di Masing masing OPD se Kabupaten Sijunjung, Sekretaris, Kepala Sub Bagian dan Kepala Sub Bidang dilingkungan Bapppeda Kabupaten Sijunjung.

    Acara sosialisasi yang dilaksanakan satu hari penuh ini juga dilaksanakan penandatanganan perjanjian pelaksanaan inovasi daerah yang ditandatangani Kepala OPD. Secara simbolis ditandatangani oleh Kepala BKAD, Drs. Endi Nazir, Kepala Dinas Dukcapil, Febrizal Ansori, Kepala DPMPTSP, Jaheri, M.Si dan Bupati Sijunjung.

    Bupati Yuswir Arifin dikesempatan itu menyebutkan, penerapan inovasi daerah pada tataran pemerintah merupakan sebuah kewajiban sesuai yang diamanatkan dalam undang undang nomor 23 tahun 2014.

    Secara ekplisit amanat tersebut menyatakan bahwa pemerintah daerah perlu menciptakan kebijakan dan program pemerintah daerah yang bersifat inovasi. sehingga secara langsung dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemandirian.

    Inovasi inovasi yang dilahirkan ujar bupati, tidak harus selalu dalam bidang sistem imformasi dan teknologi (IT). Namun dapat pula dalam tata kelola pemerintahan, kerjasama, dan optimalisasi sumber pendanaan.

    "Oleh sebab itu, kepada kepala OPD diminta untuk dapat menghasilkan inovasi-inovasi sesuai dengan isu-isu strategis perangkat daerah saat ini. Sekurang kurangnya setiap perangkat daerah mempunyai 5 inovasi sesuai dengan kewenangan dan urusan masing masing perangkat daerah," ucap Bupati Yuswir Arifin.

    Dengan demikian lanjut Yuswir Arifin, hasil dari inovasi perangkat daerah nantinya dapat dimasukkan kedalam rencana aksi inovasi daerah tahun 2020," diharapkan pada tahun 2020 kita dapat memperoleh penghargaan pemerintah daerah yang inovatif ,"harapnya.


    Sementara Kepala Bapppeda, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si selaku ketua pelaksana dalam laporannya menyampaikan bahwa, sosialisasi ini dilaksanakan selama satu hari penuh yang diikuti oleh seluruh kepala OPD beserta Kasubag Perencanaan di Masing masing OPD, Sekretaris, Kepala Sub Bagian dan Kepala Sub Bidang dilingkungan Bapppeda Kabupaten Sijunjung.

    Narasumber pada sosialisasi ini lanjut Benny adalah, Dr. Sukaca, SH, M.Si, MH yang merupakan Kabid Kelembagaan dan Ketatalaksanaan Inovasi Daerah serta B. Marlon H. Naibaho, SE, M.Ec.Dev, Kasubid Ketatalaksanaan Pusat Inovasi Daerah BPP Kemendagri.

    " Narasumber pada sosialisasi ini  merupakan anggota Tim perumus lahirnya peraturan Mentri Dalam Negri nomor 104 tahun 2018 tentang pengukuran, penilaian dan pemberian penghargaan dan atau insentif inovasi daerah yang merupakan sebagai acuan teknis dalam menindaklanjuti amanat peraturan pemerintah nomor 38 tahun 2017,"ujar Benny. (andri)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2