• Breaking News

    Dinas Perpustakaan dan Arsip Gelar Lomba Cerita Rakyat Bagi Siswa SD/MI se Kabupaten Sijunjung.


     

    Sijunjung, (Sumbarkini.com) - Aparatur Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Sijunjung adakan kegiatan lomba cerita rakyat bagi siswa tingkat SD/MI se-Kabupaten Sijunjung yang digelar didepan dinas tersebut, Rabu 13 Februari 2019.

    Acara yang di ikuti oleh 32 orang peserta dari kelas 4 dan kelas 5 utusan Perkecamatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy dan dihadiri Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Prov Sumbar, Wardarusmen, SE M.Si, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kab Sijunjung, Drs.Darlias dan undangan lainnya.

    Dalam sambutannya Wabup Arrival Boy mengatakan bahwa Kegiatan lomba cerita ini mempunyai tujuan yang panjang kedepan bagi generasi muda saat ini. Kegiatan ini bertujuan melatih mental uji nyali para anak anak peserta saat tampil di depan umum

    "Dari 8 kecamatan yang ada, diyakini banyak tersimpan potensi cerita dan kearifan lokal yang ada. Kekayaan cerita ini diharapkan mampu terangkum dalam kumpulan cerita yang bisa dibukukan," harap Wabup Arrival Boy.

    Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Prov Sumbar, Wardarusmen, SE M.Si mengatakan, dengan adanya lomba bercerita ini, anak anak kedepanya akan suka membaca dan dapat memahami apa yang dibacanya, juga bisa menimbulkan kepribadian yang baik bagi anak anak itu sendiri.

    Pada saat ini tingkat membaca anak untuk tingkat Provinsi Sumatra Barat cukup tinggi dan berada di 38 parsen, karena dari hasil survei tingkat Nasional, rata rata hanya diangka 30 parsen, artinya di Provinsi Sumatra Barat masih tinggi dibanding di tingkat Nasional, jelasnya.

    Sementara itu kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung, Drs. Darlias mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Sijunjung ke - 70 tahun 2019.

    " Dengan adanya kegiatan lomba membaca ini, diharapkan anak anak bisa meningkatkan minat baca dan menumbuh kembangkan kegemaran membaca serta kecintaan terhadap budaya lokal dan membangun karakter, kecerdasan dan inofasi masyarakat Kabupaten Sijunjung,"ucapnya.

    Peserta lomba membaca ini sebanyak 32 orang dari kelas 4 dan kelas 5 utusan Perkecamatan, jelas Kadis Darlias. (andri)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2