• Breaking News

    Gubernur Irwan Prayitno Tinjau Pos Penanganan Covid-19 di Perbatasan Riau dan Sijunjung Sumbar.


    SIJUNJUNG, (Sumbarkini.com) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno melakukan tinjauan Posko Penanganan Covid-19 di perbatasan Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Riau tepatnya di Kenagarian Kunpar Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung, Minggu 5 April 2020.

    Gubernur bersama rombongan disambut langsung Bupati Sijunjung Drs. H. Yuswir Arifin dan Wakil Bupati H. Arrival Boy bersama Forkompinda dan para OPD Pemkab Sijunjung. Gubernur Sumbar yang didampingi oleh Bupati Sijunjung sesampainya di lokasi langsung melakukan pemeriksaan aktifitas sarana dan prasarana posko dalam melakukan upaya untuk menekan penyebaran Corona virus Disease (Covid-19) terhadap orang/penumpang kendaraan yang masuk dan keluar melalui perbatasan Sumbar dan Riau tersebut.

    Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, bahwa pengawasan ketat di wilayah perbatasan tersebut merupakan salah satu upaya untuk mencegah dan menyetop penyebaran virus covid-19 ke wilayah Sumbar.

    "Adapun cara yang dilakukan yaitu memberhentikan semua kendaraan yang melintas kemudian dilakukan pemeriksaan baik itu kepada penumpang ataupun sopirnya untuk memastikan bahwa para pendatang yang akan masuk ke Sumbar memang benar-benar tidak terkontaminasi dengan virus covid 19 yang ditakutkan dapat menjangkit ke masyarakat kita," ujar Irwan.

    Dijelaskannya adapun pengecekan yang dilakukan, yakni pemeriksaan kesehatan yang meliputi pengecekan suhu badan serta pengecekan kesehatan ringan lainnya, penyemprotan disinfektan dan dilanjutkan dengan mengisi formulir data yang telah disediakan oleh petugas dan wajib di isi tanpa terkecuali untuk diserahkan kepada gugus di daerahnya masing-masing.

    "Dengan adanya posko ini diharapkan dapat mencegah penularan Covid-19 melalui para pengemudi dan penumpang kendaraan dan para dunsanak kita yang pulang kampung," ucapnya.

    Irwan Prayitno berharap, agar para pendatang untuk bersedia mengisolasi diri secara mandiri, begitu juga kepada kepada Kepala Daerah sampai tingkat kejorongan untuk dapat berperan aktif memantau hasil pemeriksaan administrasi diperbatasan ini agar tetap mengetahui perkembangan covid-19 tersebut.

    " Kepada petugas di lapangan agar dapat menjaga kesehatan dengan baik, dan mempergunakan alat-alat sesuai dengan kebutuhan, terutama bagi petugas yang melakukan pemeriksaan terhadap warga yang baru datang. Saya juga menghimbau masyarakat agar tetap dirumah saja, kalau tidak ada kepentingan lebih baik di rumah saja, hindari berkumpul, itu sudah termasuk membantu pemerintah," imbau Irwan Prayitno.

    Sementara itu, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin bersama Forkompinda juga ikut memberi motivasi maupun semangat kepada petugas di lapangan, agar jangan sampai lengah.

    "Setiap kendaraan harus dihentikan untuk lakukan pemeriksaan kesehatan dan mendata administrasinya terhadap warga yang datang dan pergi untuk kebaikan kita bersama serta memastikan pemeriksaan dilakukan dengan baik dan sesuai SOP agar tidak tertular Virus Corona," ujar Bupati.
    (hms Kominfo)

    Editor:Andri

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2