• Breaking News

    12 Mahasiswa Asing Belajar Bahasa di Universitas Bung Hatta

    PADANG (sumbarkini.com) - Sebanyak 12 mahasiswa asing belajar Bahasa Indonesia di Universitas Bung Hatta. Mereka akan berada di kampus proklamator dua bulan lamanya. 

    Para mahasiswa asing berasal dari 12 negara meliputi Vietnam, Thailand, Laos, Uzbekistan, Serbia, Czech Republik, Mexico, Suriname, Russia, Solomon Island, Fiji dan Indonesia. Mahasiswa Indonesia ini dari Provinsi Papua. Mereka mengikuti Program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) dari Kementerian Luar Negeri.

    Hal ini disampaikan Temmy Thamrin, S.S., M.Hum., Ph.D, Kepala Bidang Promosi dan Kerja Sama Universitas Bung Hatta saat pengenalan mahasiswa Program BSBI dengan pimpinan Universitas Bung Hatta. Ini juga sekaligus pembukaan pelajaran belajar bahasa Indonesia di Universitas Bung Hatta.

    Temmy menyampaikan program ini berlangsung selama tiga bulan di empat kota di Indonesia yaitu Malang, Makasar, Bali dan Padang. Peserta BSBI ini belajar kesenian dan kebudayaan Minangkabau di Sanggar Sofyani dan mengikuti program pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) di Universitas Bung Hatta.

    Untuk tim pengajarnya berasal dari para pengajar BIPA. BIPA ini merupakan program Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK), Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemedikbud RI yang bertujuan tidak hanya mengajarkan bahasa Indonesia kepada orang asing, tetapi juga mengolah bahan ajar dan memperkenalkan budaya Indonesia.

    “Nantinya ada 4 pengajar yang akan memberikan pelajaran bahasa Indonesia Level A1 setiap minggunya. Diharapkan para mahasiswa Program BSBI dapat berkomunikasi dan memahami bahasa Indonesia dengan baik. Mereka pun diharapkan menjadi duta dalam memperkenalkan budaya Indonesia khususnya Minangkabau ketika kembali ke negara asalnya,” imbuhnya.

    Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Dr. Diana Kartika menyambut baik program ini karena mahasiswa Universitas Bung Hatta dapat juga berinteraksi dengan pengguna bahasa Inggris aktif. Ini menguntungkan bagi mahasiswa dari jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris. 

    “Kami berharap mahasiswa program BSBI ini menikmati suasana pembelajaran selama tinggal di Padang. Apalagi saat menikmati masakan Padang yang terkenal sebagai makanan lezat di dunia,” imbuhnya. (*)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2